Gumuk Kerang akan Dijadikan Monumen Jember

Ekonomi

Gumuk Kerang akan Dijadikan Monumen Jember

Memo Timur Online | Rabu, 23 Oktober 2013 - 02:01:22 WIB | dibaca: 526 pembaca

Inilah gumuk kerang yang akan dijadikan icon Jember

Jember, Memo - Keberadaan Gumuk Kerang di Kecamatan Sumbersari dalam waktu dekat akan dijadikan monumen sebagai Icon Kota Jember. Bahkan kali pertama nanti akan dipasang tiang bendera merah putih setinggi 150 meter di puncak Gumuk Kerang sebagai simbol monumen Kota Jember.Demikian disampaikan Bupati Jember Ir. M.Z.A Djalal. Menurutnya banyak masukan dari masyarakat di Jember atas keberadaan Gumuk agar tidak diekspolitasi dan pemusnahan. 
 
“Tahap awal kita akan buat Gumuk Kerang menjadi monumen Kota Jember,” ungkapnya.
 
Tahap awal di puncak Gumuk Kerang akan dipasang tiang bendera setinggi 150 meter sebagai simbol monumen Jember. Baru kemudian ke depan akan dilakukan pembangunan tempat - tempat rekreasi dengan melibatkan pihak ketiga sebagai investor karena lokasi Gumuk Kerang cocok untuk dijadikan area wisata di Jember. Djalal memiliki alasan tersendiri menjadikan Gumuk Kerang sebagai icon kota Jember. Di zaman dahulu katanya, Kabupaten Jember sangat identik dengan Gumuk Kerang. Sehingga saat berbicara soal Jember pasti tersirat di benak orang yakni ada Gumuk Kerang. Bahkan dulu Gumuk Kerang banyak dijadikan tempat kegiatan oleh sekumpulan mahasiswa pecinta alam.
 
Dewasa ini, keberadaan Gumuk Kerang banyak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Untuk itulah ia memiliki inisiatif menjadikan Gumuk Kerang sebagai icon Kabupaten Jember. Berikut sebagai bentuk perlindungan ratusan gumuk yang ada di Jember.
“Ini juga bagian dari perhatian kita (pemerintah. Red) atas keberadaan Gumuk di Jember.
 
Saat disinggung kepemilikan Gumuk Kerang, Djalal mengaku belum mengetahui pasti apakah milik pemerintah atau milik warga.  Namun, berdasarkan informasi Gumuk itu adalah aset Pemerintah Daerah.
 
“Sepertinya itu milik pemerintah. Tapi pastinya nanti saya perintahkan dinas terkait untuk mengecek,” paparnya lagi.
 
Menyikapi rencana Pemkab menjadikan Gumuk Kerang sebagai munumen Kabupaten Jember, Wakil Ketua DPRD Jember Lukman Winarno mendukung gagasan spektakuler Bupati Jember tersebut. 
 
Sebab di era tahun 90-an Gumuk Kerang dikenal sebagai icon Kota Jember. Dulu itu kalau menyebut Jember tidak lepas dari gumuk kerang,” terangnya.
 
Gagasan yang diungkapkan Bupati, bukan spektakuler dalam segi fisik namun lebih ada rasa kebangsaan. Sehingga langkah menjadikan monumen sebagai bentuk serta perlindungan gumuk ia anggap sangat tepat untuk segera dilaksanakan. Sebab ke depan juga akan ada pengembangan sebagai kawasan wisata serta ruang terbuka hijau.
 
Saat disinggung soal pembuatan Perda atau peraturan yang lain terkait keberadaan Gumuk. Lukman mengaku masih kesulitan, pasalnya banyak Gumuk itu dikuasai masyarakat. Meski demikian, pihaknya memangku akan memikirkan persoalan itu kedepannya.
 
Yang jelas khusus untuk gumuk kerang, ia tidak berbicara soal itu milik siapa. Namun lebih pada adanya ikon sebagai salah satu simbol Kabupaten Jember. “Ini bukan masalah gumuk itu milik siapa tapi lebih pada ikon Jember,” pungkasnya.(ami)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar